9 Jenis Sapi Paling Laku di Indonesia

9 Jenis Sapi Paling Laku di Indonesia

Daging sapi menjadi salah satu jenis daging yang dipatok dengan harga yang tinggi serta terus meningkat. Daging sapi juga memiliki berbagai gizi dan kaya akan sumber gizi dan zat besi. Jenis sapi dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama adalah jenis sapi potong dan jenis sapi yang lain adalah jenis sapi yang dikembangbiakan dengan tujuan untuk menghasilkan susu sapi perah yang kemudian dijual.

Jenis sapi potong lebih banyak dikonsumsi karena kandungan gizi yang tinggi serta kurangnya permintaan susu sapi di Indonesia. Ada beberapa jenis sapi potong yang beredar di pasaran, berikut adalah jenis sapi potong dengan kualitas daging unggulan yang paling laris di Indonesia.

1.Sapi Brahma

Sapi potong pertama adalah sapi Brahma atau yang lebih dikenal dengan nama Brahman. Uniknya, sapi potong ini berasal dari India, negara yang dikenal menyucikan binatang tersebut. Secara fisik, sapi Brahma adalah sapi dengan fisik yang kuat sehingga menarik perhatian para peternak sapi di Amerika.

Sapi Brahma telah dikembangbiakan dengan daging yang berkualitas dan bobot yang sangat tinggi dan menjadi sapi potong yang fenomenal.

2.Sapi Beefalo

Sapi Beefalo adalah hasil persilangan antara sapi Catallo yang berasal dari Amerika dengan bison Amerika yang terkenal dengan bobot berat yang besar. Daging sapi Beefalo dikenal memiliki rendah lemak, kolesterol jahat, dan tinggi akan protein ketimbang sapi-sapi lainnya.

Sapi Beefalo

Selain itu, kulit dari sapi Beefalo juga sangat tebal, mengikuti kulit bison sehingga tahan dengan cuaca dingin yang ekstrim.

3.Sapi Limousin

Sapi Limousin adalah sapi potong impor yang banyak dicari di Indonesia. Habitatnya adalah daerah yang sangat dingin dimana rumput tidak tumbuh subur disana.

Sapi Limousin

Daging sapi Limousin sangatlah berkualitas dan peternak sapi Limousin harus berjuang sangat keras untuk menjaga kualitas daging sapi tersebut sehingga menjadi sapi potong dengan daging berkualitas tinggi dan unggulan

4.Sapi Angus

Selanjutnya, sapi Angus yang berasal dari Skotlandia juga menjadi sapi potong dengan kualitas yang tinggi. Cirinya yang berwarna hitam dengan bobot yang besar membuat sapi Angus menjadi pilihan sapi potong unggulan.

Kualitas daging sapi Angug juga sangat baik dengan kandungan lemak yang rendah dan serat yang padat.

5.Sapi Brangus

Sapi Brangus merupakan persilangan antara sapi Brahma dan sapi Angus. Daya tahan tubuh yang bagus membuat sapi Brangus jarang terserang penyakit dan virus.

Sapi Brangus

Sapi Brangus jantan memiliki rata-rata bobot sekitar 816 kilogram sampai 997 kilogram. Kualitas daging sapi Brangus juga sangat baik.

6.Sapi Hereford

Sapi Hereford merupakan sapi yang berasal dari Inggris. Tampilan fisik yang sangat besar menjadi salah satu ciri khas dari sapi Hereford.

Rekor sapi Hereford terberat dipegang oleh peternak Benjamin Tomkins yang beratnya mencapai 1.7 ton.

7.Sapi Breford

Sapi Braford adalah hasil perkawinan sapi Brahma dan Hereford. Dengan ciri tubuh yang kuat, daging sapi Breford menjadi pilihan bagi para pecinta daging sapi. Walau sapi Breford sering diternak di daerah Amerika, namun permintaan untuk daging sapi Breford di Indonesia juga cukup tinggi.

8.Sapi Madura

Sapi Madura adalah jenis sapi potong yang berasal dari Indonesia. Sapi Madura adalah sapi potong hasil persilangan sapi Bali dengan sapi Zebu.

Walau memiliki tubuh berukuran kecil, namun kandungan gizi dan protein dari daging sapi Madura tidak kalah dengan jenis daging sapi lainnya. Sapi Madura juga sering dimanfaatkan untuk membantu petani membajak sawah

9.Sapi Bali

Selain sapi Madura, Sapi Bali juga adalah jenis sapi potong lokal yang banyak diminati oleh orang Indonesia.

Sapi Bali

Ciri khas sapi Bali terdapat pada kakinya yang berwarna putih. Karena berasal dari habitat yang liar, tenaga sapi Bali juga cukup besar sehingga memberikan daging sapi yang berkualitas tinggi.

Itulah sembilan jenis sapi yang paling banyak diminati di Indonesia. Selain rasanya yang lezat dengan cara masak yang beragam, permintaan daging sapi di Indonesia menjadi cukup tinggi. Dengan memadukan permintaan daging sapi dan aplikasi marketplace agribisnis seperti Ekosis, peternak sapi dapat dengan mudah menjual daging sapi ternaknya dan mencapai keuntungan yang sangat tinggi!

Leave a Reply