Fenomena Petani Sawit Mogok yang Viral! Bisa Bikin Kacau!

Fenomena Petani Sawit Mogok yang Viral! Bisa Bikin Kacau!

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam khususnya di bidang pertanian dan juga kehutanan. Salah satu hasil tani Indonesia yang paling laris adalah kelapa sawit yang volume penjualannya mencapai 32.02 juta ton pada tahun 2018. Kesejahteraan petani sawit tentunya menjadi faktor penting dalam kesuksesan penjualan kelapa sawit tersebut.

Walaupun kita sudah tahu bahwa petani kelapa sawit telah menjadi salah satu industri pertanian yang berhasil, kekayaan yang diterima masih belum merata yang dimana para petani kelapa sawit masih berada dibawah garis kemiskinan.


Salah satu fenomena yang sedang viral adalah petani sawit di Buol yang mogok kerja karena hak-hak mereka yang masih belum diterima walaupun ada beberapa bagian tanah kelapa sawit itu milik petani. Aksi mogok tersebut terjadi pada bulan Mei 2019 di daerah Buol, Sulawesi Tengah.



Selain aksi mogok dari para petani kelapa sawit, para petani juga memblokir sejumlah area kebun sawit yang dikelola oleh sebuah perusahaan. Ketua Koperasi Tani Amanah, Sariono, selaku mediator antara petani sawit dan perusahaan juga mengatakan bahwa sampai bulan Juni, tuntutan juga masih belum direspon oleh pihak perusahaan.

Salah satu tuntutan yang diminta oleh para petani adalah transparansi keuangan dan hasil kebun yang dikeluarkan oleh perusahaan, namun masih belum direspon sampai bulan Juni kemarin. Sariono juga menambahkan bahwa para petani akan terus melanjutkan aksi mogok tersebut

Aksi mogok petani sawit di Buol tersebut adalah salah satu fenomena ataupun kasus yang terekspos oleh media, itupun masih media yang tidak terlalu besar di Indonesia. Jika diusut lebih lanjut, masih banyak kasus-kasus ketidakadilan yang yang diterima oleh para petani kelapa sawit dan juga petani lainnya.

 


Lalu apa solusinya? Penggunaan marketplace agribisnis seperti Ekosis bisa menjadi salah satu solusi untuk transparansi transaksi sudah dapat dilakukan dengan aplikasi Ekosis. Visi dan misi dari Ekosis sendiri adalah untuk mensejahterakan para petani dari berbagai industri sehingga meningkatkan kehidupan mereka. Semua transaksi yang dan penjualan yang terjadi menggunakan Ekosis semuanya terjamin transparansinya dan tentunya meningkatkan keamanan serta kesejahteraan dari para petani.

 

 

Leave a Reply