Hari Raya Idul Adha yang Penuh Hikmah

Hari Raya Idul Adha yang Penuh Hikmah

Sebentar lagi hari raya Idul Adha tiba, umat Muslim seluruh Indonesia siap-siap menyambut dan memperingati dengan sukacita dan juga saatnya untuk berkurban dan berbagi kepada sesama. Hari raya Idul Adha ini merupakan hari raya yang sangat menarik, selain kegiatan ibadah dan rasa kebersamaan, ada juga hikmah positif yang bisa diambil dan diteladani bersama.

Hikmah Idul Adha

Seperti yang sebelumnya ditulis, hari raya Idul Adha memiliki beberapa hikmah positif yang bisa diambil dan diteladani bersama:

Semangat berbagi

Pada peringatan hari raya Idul Adha, setiap umat Muslim yang mampu dianjurkan untuk membeli dan mengurbankan hewan kurban seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba. Daging kurban tidak hanya disantap sendiri atau bersama keluarga tetapi dibagikan kepada umat Muslim lainnya seperti tetangga dan orang-orang disekitar yang membutuhkan.

Dari situlah peringatan hari raya Idul Adha dapat menumbuhkan rasa semangat untuk berbagi dan tolong menolong kepada sesama.

Pengorbanan

Sejarah hari raya Idul Adha berasal ketika nabi Ibrahim yang diutus Allah untuk mengorbankan anaknya namun Allah akhirnya mengganti kurban tersebut dengan domba.

Dari situlah hari raya Idul Adha juga mengajarkan umat Muslim untuk memberikan pengorbanan dalam hal ini adalah pengorbanan hewan kurban yang baik dan sehat kemudian dibagikan kepada sesama.

Keikhlasan

Hari raya Idul Adha juga mengingatkan umat Muslim untuk senantiasa ikhlas atas semua cobaan, sama seperti nabi Ibrahim yang ikhlas merelakan anaknya untuk dikurbankan. Dengan terus berpegang pada keikhlasan ini, pasti kita mendapatkan hikmah dibalik setiap cobaan yang dilalui.

Silaturahmi

Pada setiap hari raya Idul Adha, ada tradisi untuk mengunjungi saudara-saudara terdekat dan berinteraksi dengan kerabat juga para tetangga. Ini menanamkan kebiasaan silaturahmi bagi semua umat Muslim.

Hari raya Idul Adha merupakan salah satu momen penuh hikmah dan berkah bagi umat Muslim. Untuk mendukung berjalannya Idul Adha di tahun-tahun kedepan, Ekosis sebagai marketplace agribisnis terlengkap di Indonesia juga menyediakan berbagai jenis kurban seperti kambing, domba, dan sapi. Harga dari produk kurban yang akan dijual tentu saja jauh lebih murah dari harga pasaran. Tunggu apalagi? Download aplikasi Ekosis di Playstore sekarang juga!

Terus ikuti berita dan perkembangan Ekosis dengan mengikuti Facebook dan Instagram Ekosis dan cari tahu bagaimana Ekosis menjadi solusi lengkap bagi setiap pelaku agribisnis!

 

Leave a Reply