Keren! Inilah Cara Nelayan Indonesia Melestarikan Kelautan Indonesia!

Keren! Inilah Cara Nelayan Indonesia Melestarikan Kelautan Indonesia!

Kelautan Indonesia menjadi salah satu penopang ekonomi dengan berbagai macam produk ekspor yang kaya. Untuk alasan inilah kelestarian dan kelanjutan dari kelautan serta setiap ekosistem didalamnya perlu kita jaga. Kementerian Kelautan dan Perikanan masih terus berkomitmen untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan dengan bertanggung jawab dan berkelanjutan dengan mendukung kapal-kapal nelayan Indonesia untuk menggunakan alat dan cara tangkap yang lebih ramah lingkungan.

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kelanjutan hidup nelayan dengan menjamin ketersediaan sumber daya ikan pada tahun-tahun mendatang. Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Agus Suherman berkata bahwa upaya tersebut dilakukan dengan pengawasan terhadap kapal-kapal nelayan yang masih menggunakan alat tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan.

“Pada tahun 2019, setidaknya 102 kapal nelayan secara sukarela berganti dari alat tangkap ikan merusak seperti jaring trawl ke alat tangkap ramah lingkungan seperti jaring gillnet atau pancing rawai,” tambahnya.

Pengawasan terus dilaksanakan selama 2019 melibatkan berbagai jenis Kapal Pengawas Perikanan di beberapa lokasi di seluruh Indonesia. Pengawasan tersebut mencakup penghentian dan pemeriksaan atas kapal-kapal yang masih menggunakan alat penangkapan ikan yang dilarang. Selain itu, juga diberikan pemahaman kepada para nahkoda mengenai dampak yang ditimbulkan penggunaan API yang tidak ramah lingkungan. Setelah penyuluhan diberikan dan alat tangkap ikan diganti menjadi yang lebih ramah lingkungan, kapal nelayan tersebut dibebaskan untuk melanjutkan kegiatannya.

Melihat pelestarian lingkungan kelautan yang digagas oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ekosis turut mendukung melalui fitur traceability yang melacak prosedur serta setiap rincian dari penangkapan ikan tersebut. Bersama dengan Ekosis, Anda turut ikutserta dalam melestarikan perikanan Indonesia dan ikut membantu menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan kesejahteraan nelayan Indonesia.

 

Leave a Reply