KKP dan World Bank Kerjasama. Solusi Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan

KKP dan World Bank Kerjasama. Solusi Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo baru-baru ini menerima kunjungan World Bank yang diwakili oleh Rolande Pyrce sebagai Acting Country Director World Bank untuk Indonesia dan Timor Leste pada tanggal 25 November 2019.

Dalam kesempatan ini, perwakilan World Bank Andre Rodrigues menyampaikan rencana kerja sama yang dinamai “Ocean for Prosperity Program”. Yang dimana kerjasamas ini menawarkan tiga hal untuk mendorong pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Pertama, tata kelola perikanan berbasis sains. Kedua, peningkatan kesejahteraan dan akses terhadap kebutuhan pokok nelayan. Ketiga, ketahanan laut dan pesisir.

Menteri Edhy Prabowo sendiri terbuka terhadap kerja sama yang sejalan dengan tujuan dan pemanfaatan laut yang berkelanjutan dan juga kesejahteraan nelayan yang masih perlu diperhatikan. Menurut Edhy sendiri, program kerjasama yang ditawarkan oleh World Bank sendiri memiliki semangat dan program kerja yang sama dengan apa yang dijalankan oleh Indonesia.

KKP sendiri telah memberlakukan sejumlah kebijakan terkait kawasan perlindungan laut. “KKP telah memiliki UU No.27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Kami juga memiliki regulasi lainnya tentang budidaya dan perlindungan sumber daya laut serta terumbu karang yang sejalan dengan semangat ini” ucapnya.

Selain itu, KKP juga menaruh perhatian pada isu sampah plastik dan telah melakukan koordinasi dengan kementerian lainnya untuk menanggulangi persoalan ini melalui kebijakan-kebijakan yang bertujuan untuk menanggulangi isu sampah plastik tersebut. Terlebih lagi, Menteri Edhy juga menyampaikan kondisi kampung nelayan yang dinilai masih belum optimal. Untuk meningkatkan kampung nelayan beriukt, perlu ada infrastruktur yang lebih memadai dan Edhy Prabowo juga berharap World Bank dapat turut mendukung upaya untuk mengoptimalkan kampung nelayan tersebut.

Untuk menutup diskusi, Rolande Pyrce mengatakan bahwa program-program KKP tersebut sejalan dengan program yang ditawarkan World Bank, ia juga menambahkan bahwa pihaknya sangat terbuka untuk perkembangan-perkembangan yang dapat terjadi dan tentunya meningkatkan kesejahteraan nelayan dalam prosesnya.

Leave a Reply