Kuota Ekspor Ikan Napoleon? Hoax kah?

Kuota Ekspor Ikan Napoleon? Hoax kah?

Seperti yang kita tahu dari postingan blog sebelumnya, salah satu ikan termahal yang dihasilkan di laut Indonesia adalah ikan napoleon yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah! Tapi apakah kalian tahu kalau ternyata pemerintah sudah membatasi penangkapan ikan Napoleon? Apakah hanya hoax? Baca artikel ini untuk cari tahu kebenarannya!

Cheilinu Undulatus atau biasa dikenal dengan ikan Napoleon adalah ikan karang berukuran besar yang dapat mencapai 2 meter dengan berat 190 kilogram. Ikan tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi para penyelam dan juga daya jual yang tinggi khususnya di pasar Asia. Namun akibat dampak penangkapan berlebih ikan Napoleon, jumlah ikan Napoleon menjadi hampir punah. Tidak hanya itu, penangkapan ikan Napoleon yang umumnya menggunakan racun sianida juga merusak ekosistem terumbu karang di sekitarnya.

Ikan Napoleon

Di Indonesia sendiri, pemerintah telah mengeluarkan keputusan Larangan Penangkapan Ikan Napoleon melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor 375/Kpts/IK.250/95. Seiring waktu berjalan dan populasi ikan Napoleon meningkat, pemerintah mengeluarkan kEPUTUSAN Menteri Kelautan dan Perikanan No. 37 Tahun 2013 mengenai Penetapan Status Perlindungan Terbatas Ikan Napoleon. Didalam keputusan tersebut diatur bahwa ikan napoleon dilarang dimanfaatkan pada ukuran 100 gram sampai 1000 gram dan ukuran diatas 3000 gram. Peraturan ini diterapkan untuk memberikan kesempatan kepada ikan Napoleon untuk berkembang biak dan memperbaiki populasi mereka yang semakin menurun.

Kuota Ekspor Ikan Napoleon

Pasca dikeluarkannya Kepmen KP No.37 Tahun 2013 ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga akan terus melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat yang belum waspada akan status perlindungan ikan napoleon saat ini, sehingga penetapan status perlindungan terbatas memberikan aspek kepastian hukum dalam pengelolaan ikan Napoleon di Indonesia. Pemerintah berharap dengan diterbitkannya Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang perlindungan ikan Napoleon.

https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/05/03/41264/670x335/800-ekor-ikan-napoleon-diselundupkan-ke-bali.jpg

 

Khasiat dan kelezatan ikan Napoleon memang sudah mendunia, dan penangkapan ikan Napoleon yang tidak dibatasi bisa membuat spesies ikan Napoleon punah. Untuk itulah pemerintah mengeluarkan peraturan yang membatasi penangkapan ikan Napoleon sendiri. Semoga dengan adanya peraturan pemerintah tersebut populasi ikan Napoleon semakin meningkat dan sudah tidak menjadi spesies yang hampir punah.

 

 

 

This Post Has 2 Comments

  1. Nice article. keep sharing

Leave a Reply